Social Icons

Social Icons

Featured Posts

15 December 2008

Ikan Salmon, Pelajaran Apa Yang Bisa Kita Ambil ?

By Gudang Informasi  |  12/15/2008 05:31:00 PM 8 comments

Pasti anda tahu ikan salmon atau paling tidak pernah mendengar tentang ikan salmon. Bagi anda yang belum tahu tentang ikan salmon, saya akan coba ceritakan kepada anda secara singkat mengenai siklus hidupnya, dan bagi anda yang sudah tahu dan mempunyai informasi tambahan yang lain mengenai ikan salmon, dengan senang hati saya akan menerimanya dan anda bisa tambahkan pada kolom komentar pada artikel ini, setuju ?

OK saya mulai ceritanya, Ikan salmon merupakan ikan yang berasal dari daerah Amerika Utara. Ikan salmon mempunyai siklus hidup yang panjang dan berbahaya. Ikan yang masih muda menetas dan berkembang biak dalam air sungai yang sejuk, jernih dan tawar. Setelah tumbuh lebih besar, kawanan besar ikan salmon atau disebut juga shoal, bergerak ke arah hilir ke arah lautan. Ketika salmon sudah terbiasa dengan air asin, kulitnya berubah menjadi seperti sutra yang berkilauan.



Nah, beberapa tahun kemudian, ikan salmon dewasa kembali ke sungai tempat mereka dulu menetas, sehingga ikan betina dapat bertelur. Secara tepat bagaimana ikan salmon dapat menemukan jalan kembali masih merupakan misteri. Ikan yang bermigrasi ini harus berenang melawan arus air. Mereka melompat tinggi keluar dari air, melewati arus air yang kuat dan mendaki air terjun. Seekor ikan salmon yang besar mampu melompat sampai 3 meter dalam usahanya untuk sampai di atas aliran air sungai yang deras dan air terjun. Banyak ikan salmon yang akan mati dalam perjalanannya. Ikan yang berhasil sampai di hulu amat lemah, dan hanya sedikit yang dapat kembali ke lautan setelah bertelur. Dan begitulah seterusnya.

Pelajaran apa yang bisa kita ambil dari siklus hidup ikan salmon ini ? Ikan salmon setelah berkelana jauh ke lautan dapat kembali ke habitatnya ke hulu sungai walaupun dengan bersusah payah berenang melawan arus air sungai dan air terjun, walaupun resikonya adalah kematian. Hal ini memberikan pelajaran bagi kita, manusia, bahwa setelah kita selama bertahun-tahun bergulat dengan kehidupan dunia yang fana ini untuk mencari harta dan kesenangan, maka selayaknyalah kita sadar akan tempat kembali kita, yaitu kepada Dzat Yang Maha Sempurna, Pencipta Alam Semesta. Walaupun, kita harus berkorban dan meninggalkan semua yang kita miliki untuk kembali kepada-Nya. (yw)

Penulis :
Yogi Widianto
http://www.smart-businessman.com/

Referensi :
“Mudah Dipelajari, Banyak Hal Mengenai Binatang”, Penerjemah : Drs.Alexander Sindoro, Penerbit : Karisma Publishing Group

Author: Gudang Informasi

Hello, I am Author, decode to know more: In commodo magna nisl, ac porta turpis blandit quis. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. In commodo magna nisl, ac porta turpis blandit quis. Lorem ipsum dolor sit amet.

8 comments:

  1. Kebanyakan manusia lupa akan jati dirinya apalagi kalau sdh bergelimang harta dan jabatan.

    ReplyDelete
  2. Komentarnya kok di moderasi ???!!!???

    ReplyDelete
  3. contoh yang baik untuk bahan renungan kita bersama.

    ReplyDelete
  4. yang bisa q tambahin cuma ikan salmon enak dibuat sushi

    ReplyDelete
  5. Bagus, tapi habis baca kok termehek-mehek

    ReplyDelete
  6. Manusia juga harus terus berjuang untuk bisa lebih dekat dengan Allah.

    ReplyDelete

E-mail Newsletter

Langganan Informasi (GRATIS)

Recent Articles

© 2014 Gudang Informasi. WP themonic converted by Bloggertheme9. Published By Gooyaabi Templates | Powered By Blogger
TOP