Social Icons

Social Icons

Featured Posts

30 November 2008

Inovasi

By Gudang Informasi  |  11/30/2008 07:36:00 PM 8 comments

Kemajuan yang dialami oleh umat manusia hingga hari ini begitu menakjubkan. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi membuat hidup kita semakin mudah. Penemuan telepon, telegraf, pesawat, komputer, internet dan berbagai penemuan lainnya di berbagai bidang kehidupan, semuanya hasil inovasi yang dilakukan manusia. Bisa anda bayangkan dunia ini tanpa inovasi ? Tanpa adanya inovasi, kita tidak akan melihat kemajuan dunia yang begitu hebat seperti saat ini.

Sudah banyak buku dan orang yang membahas tentang inovasi. Ada yang mengatakan bahwa inovasi berbeda dengan kreatifitas, mencakup lebih daripada sekedar perbaikan, mencari dan mengambil resiko yang besar, tentang gagasan besar dan perubahan radikal dari peraturan standar, membuang sistem lama, sesuatu yang memerlukan biaya besar dan pengertian-pengertian yang lain.

Menurut Matthew E. May (Penasehat Senior Universitas Toyota) dalam bukunya berjudul “THE ELEGANT SOLUTION-Rumus Sukses Toyota Menguasai Inovasi”, mengatakan bahwa pendapat-pendapat di atas itu bersifat membatasi dan membuat orang biasa tidak bisa ikut berinovasi.

Definisi terbaik tentang Inovasi adalah seperti yang dikatakan David Neeleman (Pendiri dan CEO JetBlue) yaitu Berupaya Mencari Cara Untuk Melakukan Sesuatu Dengan Lebih Baik Daripada Sebelumnya.

Lebih lanjut Matthew E. May mengatakan bahwa definisi yang diungkapkan oleh David Neeleman tersebut merupakan solusi elegan karena menyingkirkan konsep kompleks yang diperdebatkan dengan sengit dan menjadikannya mudah dimengerti semua orang pada semua tingkatan. Definisi itu menghilangkan semua perbedaan bodoh antara berbagai teori inovasi dengan sekali sapuan. Perbedaan konsep antara perbaikan terus-menerus dan inovasi terobosan menjadi tidak berguna. Definisi itu membuang misteri yang selama ini bercokol dan tidak menuntut penjelasan lebih jauh. Anda salah jika menganggap definisi itu tidak mencakup hal-hal yang belum pernah dilakukan, karena segala sesuatu memiliki pendahulu pada tingkatan tertentu, di suatu tempat. Hanya, hal itu belum diidentifikasi dengan tepat.

Jadi, mulai sekarang, ketika kita menyebut inovasi, yang kita maksudkan adalah Mencari Cara Untuk Melakukan Sesuatu Dengan Lebih Baik Daripada Sebelumnya.

Penulis : Yogi Widianto
www.smart-businessman.com

Referensi:
THE ELEGANT SOLUTION-Rumus Sukses Toyota Menguasai Inovasi, Karya Matthew E. May (Penasehat Senior Universitas Toyota)

Author: Gudang Informasi

Hello, I am Author, decode to know more: In commodo magna nisl, ac porta turpis blandit quis. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. In commodo magna nisl, ac porta turpis blandit quis. Lorem ipsum dolor sit amet.

8 comments:

  1. ya, saya setuju, kita harus budayakan inovasi dalam kehidupan kita

    ReplyDelete
  2. artikel yang berguna, sangat bermanfaat... makasih mas:)

    ReplyDelete
  3. apa jadinya kita jika pendahulu2 kita tidak ber inovasi, untuk anak cucu kiata saya setuju, kita harus budayakan inovasi dalam kehidupan kita ( yurisman )

    ReplyDelete
  4. bedanya dg berkreasi, invensi & discovery apa ya?

    ReplyDelete
  5. artikel ini sangat bermanfaat untuk kita semua
    mari ber inovasi untuk mendapatkan keinginan kita.
    www.planetbisnis.com/?id=fatur

    ReplyDelete
  6. Setuju makannya kita kudu berani keluar dari Yang namanya comfort zone, bukan ga boleh tapi jangan lama2 kali ye biar berkembang...

    ReplyDelete
  7. Bgmn ya caranya supaya kita bisa mendapatkan inovasi baru??? Ada ga trik2 nya?

    ReplyDelete
  8. thanks bwat artikelnya. kebetulan saia butuh definisi tentang inovasi. terima kasih iakkk.. nice blog

    ReplyDelete

E-mail Newsletter

Langganan Informasi (GRATIS)

Recent Articles

© 2014 Gudang Informasi. WP themonic converted by Bloggertheme9. Published By Gooyaabi Templates | Powered By Blogger
TOP